• SMA UNGGUL BINA KASIH NUSANTARA
  • Excellence - Integrity - Nobility
  • info@smaunggulbinakasihnusantara.sch.id
  • 0813-6262-6500 / 081266436485
  • RSS
  • Pencarian

Bagaimana melatih kebiasaan belajar yang baik?

 Tahukah kamu, bahwa ada banyak sekali tips luar biasa yang akan Kamu temukan untuk mengembangkan kebiasaan belajar, kamu dapat memilih mana yang paling cocok untukmu. Berikut adalah 5 kebiasaan belajar yang dapat Kamu coba untuk mengetahui apakah kebiasaan tersebut cocok untuk Kamu.

1# Buatlah pikiranmu sepenuhnya fokus

   Teknik ini disebut membangun model mental: Kamu membayangkan secara rinci bagaimana Kamu mengharapkan segala sesuatunya akan berjalan selama masa studimu dan bahkan ketika kamu tiba di waktu ujian. Dengan menceritakan sebuah cerita kepada diri sendiri, Kamu melatih otak Kamu untuk mengantisipasi langkah selanjutnya dan mengharapkan hasil yang positif. Begini caranya:

  • Mulailah harimu dengan membuat visualisasi kesuksesanmu dalam belajar. Lakukan ini sebelum kamu memulai sesi belajar, dan sisihkan waktu sekitar 5-10 menit untuk aktivitas Kamu dapat melakukannya sebelum bangun di pagi hari, saat sarapan atau setelah sarapan sambil duduk dengan mata terpejam. Visualisasikan bagaimana kamu sukses dalam pelajaranmu mendapatkan reward yang membanggakan seperti mendapat beasiswa penuh kuliah di luar negeri, kemudian diterima bekerja di perusahaan yang terbaik dan seterusnya.
  • Rincilah dalam memikirkan semua langkah yang akan kamu ambil. Hal ini dapat termasuk mencakup bab-bab dan latihan yang direncanakan untuk hari itu, meluangkan waktu untuk meninjau materi, mengerti table dan gambarnya, menulis garis besar konsep-konsep penting, membuat mind map, berlatih soal-soal ujian dan mengetahui jawabannya.
  • Antisipasi dan kenali bagian mana yang menurut kamu sulit untuk dipahami dan diingat. Hal ini membantu Kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi masalah, sehingga kamu tidak akan terkejut karena tidak memahami bagian dari pelajaran. Kemudian, carilah cara untuk mengatasinya (misalnya, dengan bertanya kepada teman sekelas, menghubungi guru selama jam kerja atau melalui WA, email, atau dengan menyediakan waktu tambahan untuk meninjau ulang).
  • Bayangkan dirimu di akhir hari merasa senang karena telah menguasai semua materi dan memahami hal-hal yang penting.Itu belum semuanya tentang apa yang terjadi pada hari ujian yang dapat berkontribusi pada perasaan sukses kamu. Merayakan kemenangan kecil setiap hari akan meningkatkan motivasi kamu dan membantumu merasa lebih positif untuk melangkah maju.

2# Tangani apa yang paling penting dan paling sulit diawal.

   Penilaian prioritas dalam mengerjakan sesuatu merupakan hal yang sangat jarang dilakukan oleh banyak orang, padahal nyatanya hal ini dapat mempengaruhi hasil yang akan dicapai jadi demikian juga dalamm hal belajar, berikut penjelasannya

  • Mengapa bekerja lebih awal?
    Kamu memanfaatkan sepenuhnya ritme sirkadian Kamu yang menentukan aktivitas mana yang paling baik untuk kamu lakukan pada waktu-waktu tertentu dalam Bagi kebanyakan orang, puncak kinerja otak terbaik terjadi 2-4 jam setelah bangun tidur: Jika Kamu bangun jam 8, waktu puncaknya adalah jam 10-12. Ini adalah waktu ketika otak analitismu mengambil alih dan Kamu dapat lebih fokus pada masalah yang sulit. Dalam hal belajar, ini bisa berupa membaca, menulis, membuat kode, menganalisis, berpikir kritis, atau memecahkan masalah.
  • Apa saja manfaatnya?
    Melakukan kerja keras Kamu di awal hari memungkinkan otak kamu untuk fokus sepenuhnya pada materi yang ada di depanmu dengan lebih sedikit gangguan, lebih sedikit input dari lingkunganmu dan dengan lebih banyak energi yang kamu peroleh dari istirahat malam yang nyenyak. Hal ini merupakan kebalikan dari apa yang dapat terjadi jika kamu meninggalkan belajar terberat kamu di malam hari, saat kamu sudah kelelahan di siang hari (meskipun kamu mungkin tergoda untuk melakukan hal itu!). Biarlah di malam hari untuk mengulang materi yang telah kamu pelajari di siang.
  • Bagaimana mengatasi gangguan?
    Saat Kamu berada dalam mode belajar, matikan telepon atau setidaknya pengaturan volume, hindari menanggapi panggilan dan pesan teks, dan abaikan gangguan lain seperti email, membaca berita, atau apa yang ada di feed media sosialmu.

3# Kelola waktu kamu menjadi lebih efisien dengan pengatur waktu.

  • Mengapa menggunakan pengatur waktu? 
    Gunakan pengatur waktu untuk memaksimalkan setiap sesi belajar. Hal ini memungkinkan otak kamu fokus dengan cara yang lebih terarah dan efektif.
  • Bagaimana cara melakukannya secara efektif?
    Saat kamu membaca dan membahas materi pelajaran, atur pengatur waktu ke kenaikan 30 atau 60 menit. Untuk sesi yang sangat singkat namun terarah, cobalah teknik Pomodoro yang terdiri dari blok waktu 25 menit, diikuti dengan istirahat 5 menit.
  • Apakah ini membantu saat mempersiapkan ujian?
    Pengatur waktu berfungsi dengan baik untuk berlatih soal-soal ujian karena kamu sedang melakukan simulasi ujian yang sebenarnya sehingga kamu tidak dapat menunda jawaban terlalu lama. Dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan review dari buku teks atau handout sebagai referensi, tulislah pertanyaan pada selembar kertas. Kemudian, gunakan teknik Pomodoro untuk memberikan waktu yang singkat bagi dirimu sendiri untuk menjawab setiap pertanyaan. Gunakan setiap blok waktu 25 menit untuk menjawab beberapa pertanyaan dan tuliskan daftarnya. sampai kamu telah membahas semuanya.

4# Gunakan catatan belajar kamu sebagai alat belajar yang paling efisien.

  • Jangan hanya mendengarkan, tapi tulislah.
     
    Hal ini akan meningkatkan kemampuan keterampilan kognitif otak kamu, membuat mengingat informasi lebih mudah dan lama, dan meningkatkan daya ingat.
  • Catatlah hal-hal yang relevan.
    Hal ini termasuk konsep-konsep penting, ide, dan topik. Jangan buang waktu untuk menuliskan setiap kata, sebaliknya, tingkatkan kemampuan berpikir kritis Kamu dengan mengidentifikasi apa yang relevan dengan topik tersebut. Contoh yang sangat baik tentang cara menulis informasi yang relevan dalam catatan adalah dengan menggunakan Metode Cornell.
  • Carilah isyarat non-verbal.
    Ini sangat bagus untuk mengidentifikasi kunci tantangan dan informasi lain yang Gunakan kekuatan pengamatanmu untuk mengidentifikasi kapan dan di mana guru meninggikan suara mereka dan gunakan bahasa tubuh untuk memberi penekanan apa yang mereka anggap penting.
  • Gunakan daftar poin.
    Hal ini menghemat waktu, memungkinkan kamu untuk membaca sekilas materi ketika kamu membutuhkannya, membantumu menemukan informasi dengan lebih cepat, dan membuat proses peninjauan lebih
  • Gunakan Warna
     
    Buat catatan lebih terorganisir dengan pena dan spidol warna-warni, atau stabilo untuk menekankan bagian yang paling penting. Gunakan warna tertentu untuk menyoroti konsep prioritas utama, lalu pilih warna lain untuk mengidentifikasi item prioritas tingkat kedua seperti contoh dan informasi tambahan.
  • Membuat informasi tambahan yang mudah terlihat
     
    Ketika Kamu menemukan lebih banyak informasi yang ingin Kamu tambahkan ke catatanmu nanti, gambarlah asterisk (*) di sebelah konsep yang ingin Kamu kembangkan, lalu tambahkan informasi baru dalam catatan kaki di bagian bawah halaman.

5# Ajarkan apa yang kamu pelajari.

  • Mengapa mengajar itu penting?
    Mengajarkan salah satu teknik memori yang paling ampuh: Kamu mengingat informasi yang baru dipelajari dengan mengajarkannya kepada orang lain atau sekadar menceritakannya kembali kepada diri Kamu sendiri dengan lantang. Hal ini membantumu meninjau, mengingat, dan mempertahankan apa yang telah kamu pelajari dengan lebih baik daripada hanya membaca materi dalam hati.
  • Bagaimana kamu bisa mengajarkan apa yang kamu pelajari?
    Pertama, dapatkan audiens: orang yang dekat teman, rekan belajar, anggota keluarga, bahkan anjing kamu. Terlalu malu untuk berbicara dengan siapa pun? Anggap saja kamu memiliki beberapa siswa yang tidak terlihat. Selanjutnya, ambil selembar kertas putih besar dan tempelkan di dinding kamar tidurmu setinggi mata. Kemudian mulailah bekerja: tulislah garis besar poin-poin terpenting dalam bab yang baru saja Kamu pelajari, lalu bahaslah konsep- konsepnya dengan lantang satu per satu.
  • Apa lagi yang bisa membantu?
    Jadikan materi pelajaranmu lebih hidup dengan menggambar diagram di samping dan dengan memberikan beberapa contoh. Tambahkan beberapa humor atau cerita pendek untuk membuatnya lebih menarik. Pada akhirnya, rangkumlah bagian-bagian penting dan sorotlah bagian- bagian tersebut dengan spidol tebal atau stabilo. Hal ini akan membantu Kamu mengingat detail dengan lebih baik dan memantapkan apa yang telah Kamu pelajari.

Komentar

Hwhej

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Apakah Kamu Sudah Tau ??

Hai calon siswa SMA Unggul Bina Kasih Nusantara,sebelum seleksi Beasiswa Murni dilaksanakan pastikan kamu sudah mendapatkan kisi-kisi soal ujian dan sudah mencetak kartu ujian ya. &nbs

10/05/2024 07:50 - Oleh Admin BKN - Dilihat 294 kali
Mengapa Harus Bersekolah Di SMA Unggul Bina Kasih Nusantara

Mengapa Harus Bersekolah Di SMA Unggul Bina Kasih Nusantara   SMA Unggul Bina Kasih Nusantara mempunyai konsep sebagai sekolah unggul dari segi akademik, kesamaptaan dan karakter

04/05/2024 04:26 - Oleh Admin BKN - Dilihat 418 kali
Bagaimana Sih Tips Membangun Mood Belajar

Halo siswa/i SMA Unggul Bina Kasih Nusantara Medan,Berikut ini tips membangun mood belajar untuk menuju kesuksesanmu.  

03/05/2024 12:55 - Oleh Admin BKN - Dilihat 169 kali
Berikut Sepuluh kebiasaan yang dapat menghambat kesuksesanmu

Apa saja kebiasaan yang dapat menghambat kesuksesanmu? Kebiasaan Menunda-nunda pekerjaan: Menunda pekerjaan hingga menit terakhir dapat menyebabkanpekerjaan yang dilakukan secara t

29/02/2024 03:23 - Oleh Admin BKN - Dilihat 474 kali
Resolusi Tahun Baru untuk siswa SMP dan SMA

Kita sudah memasuki awal tahun 2024, liburan sekolah hampir usai. Dan harus siap-siap kembali melakukan aktifitas rutin. Apakah kamu sudah siap kembali ke sekolah dan beraktifitas kemba

03/01/2024 10:27 - Oleh Admin BKN - Dilihat 1136 kali